Awal Jangan Sampai Berakhir ....!!!

Riuh rendah, uforia itu telah usai. Saat turun panggung sang juara pun tak lagi pemenangnya. Bukankah perjuangan lebih melelahkan dan panjang, tapi kenapa hasil yang selalu jadi sorotan...???




Pernah ga sih menyesali yang namanya nasib, atau takdir yang udah digariskan pada kita...???
Atau berfikir, kalau misal aku dulu begini pasti akan jadi seperti itu. Aku jadi begini karena aku begitu...????

Mungkin hampir semua orang pernah berpikir demikian.


Pun tak ubahnya aku. Dulu waktu SMA hobi banget yang namanya bikin cerpen, sampe pengen diterbitin dan dibaca semua orang, tapi karena saat itu arus informasi ga seterbuka sekarang dan akses internet ga semudah sekarang, membuat impian itu hanya diangan-angan aja. Cerpen yang aku buat cuma buat santapan temen sebangku dan temen bangku depan belakang aja. Cerpen yang hanya dibaca segelintir orang aja, tapi senengnya bukan main loh....

omaygat....kadang mringis juga kalo inget itu. 😁

Terus....yang paling nyesek adalah, dulu aku tuh cita2nya jadi jurnalis, lha kok ujung2nya jadi pustakawan. 😕
yah...kalo itu sih kendalanya di aku, otak aku ga sepintar untuk mengejar grade jurusan komunikasi di PTN Surabaya, akhirnya menyadari dan mengalah dengan memilih jurusan perpustakaan. Tapi alhamdulillah dengan jadi Pustakawan akhirnya bisa jadi PNS (katanya sih, ini impian banyak orang...!!!)

Nah....dari cerita-cerita kegagalan di atas, akhirnya aku nyerah pada takdir, dan ngikut arus kehidupan (Sumpah....!!! ini adalah zona ternyaman dalam hidup)
Tapi seolah dininabobokan dengan zona nyaman, akhinya bila kita nerima sedikit pukulan dalam hidup, kita bisa nangis gulung-gulung dan bertanya "Kenapa ini terjadi padaku...??"😭

Akhinya masa Hibernasi itu berlalu, gegara punya pimpinan yg multi disiplin. Setiap saat langkah kita disoroti, ga bikin kesalahan aja kena jebakan betmen, apalagi bikin salah. *Tepok jidat. 😟
Dari sekian macam puisi & kata mutiaranya yg ditujukan ke aku, membuat aku tersulut seolah minta pengakuan dari dia bahwa, aku adalah "sesuatu". Tapi mungkin itulah cara beliau mempimpin agar anak buahnya bekerja dengan baik. Orang khan macem2 ya, cara leadershipnya. Tapi kalo leadership model ginian yakin 1000% anak buah bakal terkesima tak berdaya. 🙅 (lebay ya, ember...!!!)

Seolah gayung bersambut, aku baca selebaran lomba penulisan Lokal Konten yang diadakan perpusda Sidoarjo. Jiwa menulisku tiba2 tumbuh berkecambah dalam jiwa.
Aku ikutan lomba itu, dan....yey...Alhamdulillah...jadi "juara 3" (cuma juara 3 ? Tapi gpp sih, aku tetep happy).
Dari situlah seolah jalan menulis dan akses informasi tentang penulisan terbuka lebar.
Layaknya seorang ratu elizabeth yg akan berjalan, maka red karpet sudah tergelar di depannya 😎 *lebay lagi...ember!!!

Tapi satu hal yang harus diingat, jiwa menulis layaknya tanaman yang berkecambah, harus dirawat, diperhatikan, disiram dan diberi nutrisi agar tumbuh subur dan berkembang. Karena bila tak dirawat sewaktu-waktu akan kering dan mati.


Ada beberapa pelajaran hidup ketika saya keluar jadi pemenang lomba. Bahwa, proses dalam hidup adalah yang utama karena kemenangan hanya sesaat. Oleh karena itu jangan remehkan kesulitan kita saat ini, karena kita akan menertawakan segala kesulitan kita di masa mendatang. dan kita hanya bisa bilang "kok, aku dulu segitunya ya memandang kesulitan hidup...!!!"
percayalah....bila kemauan ada jalan pun seolah terbuka untuk kita....

ini adalah awal yang jangan sampai berakhir....
love you muach...muach...😚


















Comments

Popular Posts